Jangan Biasakan Copy Paste

Anda sering copy paste surat lamaran kerja? Tidak masalah jika copy pastenya dari surat lamaran Anda sebelum-sebelumnya. Namun bisa menjadi masalah jika copy pastenya dari sumber lain apalagi yang bisa diakses oleh orang banyak seperti contoh-contoh surat lamaran kerja yang diposting pada website-website tertentu.

HRD perusahaan yang mendapatkan surat lamaran kerja Anda yang isinya sama dengan surat lamaran lain kemungkinan tidak membaca resume Anda dengan seksama. Jika membaca teks yang sama berulang-ulang kali kecenderungan seseorang adalah untuk mengabaikannya dan mencari bagian lain yang benar-benar tidak sama. Contoh surat lamaran kerja sebaiknya hanya digunakan sebagai referensi cara penulisan dan tidak ditiru seluruhnya.

Menulis surat lamaran kerja berulang kalipun juga tidak disarankan karena bisa menghabiskan waktu. Tetapi ada satu hal yang perlu diingat untuk tidak sekadar copy paste surat lamaran kerja Anda sendiri mentah-mentah. Pastikan Anda menyesuaikan isi surat lamaran kerja Anda dengan posisi kerja yang dilamar. Misalnya surat lamaran Anda yang pertama untuk posisi administrasi menekankan keahlian Anda dalam mengoperasikan komputer, pada surat lamaran Anda yang berikutnya untuk posisi yang tidak sama, misal marketing, sebaiknya Anda menekankan keahlian Anda dalam berkomunikasi.

Featured Jobs

Staff Pajak IC Consultant
PT Indonesia Consultindo Global

Secretary
PT PGN