Waspadai Penipuan Lowongan

Perlu Anda ketahui jika layanan pasang lowongan kerja pada Klikkarir.com baik gratis ataupun berbayar bisa jadi dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan penipuan. Kami telah menyediakan tombol pelaporan pada setiap lowongan kerja dan menampilkan laporan kredibilitas perusahaan berdasarkan jumlah laporan yang masuk.

Berikut ini cara untuk melakukan pengecekan kredibilitas perusahaan dan mengenali modus penipuan:

Kredibilitas Situs Website
Jika perusahaan memiliki situs website, pastikan jika URL website itu benar-benar website resmi perusahaan yang bersangkutan. Namun, hati-hati kini banyak oknum yang menggunakan nama website yang mirip dengan nama website perusahaan yang resmi. Contoh: Website resmi dari perusahaan minyak Total adalah www.total.com, namun bisa jadi ada yang memasang lowongan dengan nama website www.totalindonesia.com

Kredibilitas Email
Waspadai penggunaan alamat email yang tidak sama dengan email perusahaan apalagi jika email gratisan, misal: email hrdklikkarir@yahoo.com adalah email yang seakan-akan adalah email perusahaan, namun pada kenyataannya perusahaan akan selalu menggunakan email seperti hrd@klikkarir.com. Dari contoh diatas, bisa jadi email fiktif yang digunakan adalah hrd@totalindonesia.com

Kredibilitas Nomor Telpon
Selain itu pastikan kebenaran informasi lowongan kerja dengan menelpon nomor tepon kantor yang resmi. Jangan menelpon ke nomor HP untuk konfirmasi info lowongan karena nomor HP bisa dibeli dan dibuang dengan mudah.

Modus Penipuan 1
Jika informasi lowongan mencantumkan data yang benar dan resmi seperti situs website, nomor telpon, dan email, Anda masih harus perlu waspada karena ada banyak perusahaan yang mengatasnamakan perusahaan lain untuk melakukan penipuan. Modus yang paling sering dan mudah untuk dikenali adalah dengan adanya pungutan biaya, entah untuk alasan pendaftaran, pelatihan, perijinan, penginapan, perjalanan / travel, ataupun biaya lain sebagainya, Jangan ada satu Rupiah pun yang Anda keluarkan untuk perusahaan yang seperti ini.

Modus Penipuan 2
Pada saat interview, pastikan jika posisi lowongan yang ditawarkan sesuai dengan yang terpasang pada informasi lowongan kerja. Jangan buang waktu, tenaga dan uang Anda untuk meneruskan proses interview jika posisi lowongan tidak sesuai, atau jika Anda ditawarkan / diming-imingi jumlah uang yang besar untuk ikut serta dalam sistem MLM, Money Game, Arisan Berantai, dan lain sebagainya.

Perusahaan tertentu juga mengharuskan Anda untuk membayar biaya pendaftaran, lalu ternyata ujung-ujungnya Anda diminta untuk menjual produk mereka dan menarik orang lain untuk ikut juga melakukan hal yang sama dengan Anda dengan dalih supaya Anda bisa mendapat "komisi".

Jika Anda melihat ataupun menemui lowongan kerja yang anda yakini bermasalah, mohon bantuannya untuk melaporkan lowongan tersebut dengan klik pada Laporkan Perusahaan Ini.

Terakhir Diperbarui: 24 Maret 2014